Aplikasi penyimpanan di awan Android

8 Aplikasi Penyimpanan di Awan / Cloud Storage Android Terbaik

Penyimpanan di awan atau cloud storage memungkinkan pengguna untuk mengosongkan ruang pada perangkat dengan mengunggah dan mencadangkan konten ke cloud (server jarak jauh yang diakses dari Internet). Namun yang terpenting, ini juga merupakan cara mudah untuk berbagi file dengan orang lain, mengakses file dari beberapa perangkat saat dalam perjalanan, dan menjaga keamanan data penting. Menggunakan aplikasi penyimpanan cloud sangatlah mudah, ditambah lagi ada beberapa penyimpanan cloud terbaik yang tersedia gratis untuk Android.

Aplikasi penyimpanan di awan Android

Apa aplikasi penyimpanan cloud terbaik di Android?

Kami telah bekerja keras dan menghabiskan waktu untuk memeriksa sejumlah besar aplikasi ini, jadi setidaknya salah satu dari aplikasi penyimpanan awan terbaik untuk Android ini harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan menawarkan penyimpanan gratis untuk memulai, yang dapat ditingkatkan dengan sedikit biaya.

1. Google Drive

Google Drive secara alami menjadi yang pertama dalam daftar aplikasi penyimpanan cloud terbaik untuk Android. Aplikasi ini melindungi file Anda dengan cadangan aman dan membuatnya dapat diakses dari smartphone, tablet, atau komputer. Ini menyediakan tautan cepat yang dapat dibagikan untuk mengundang orang lain melihat file atau folder Anda dan mengeditnya atau meninggalkan komentar, dengan tingkat akses yang berbeda jika Anda mau. File dapat dicari dengan cepat berdasarkan nama atau konten dan dapat dilihat secara offline untuk kenyamanan. Integrasi aplikasi Office seperti Google Docs dan Sheet menjadikannya salah satu aplikasi produktivitas terbaik untuk smartphone.

Selain itu, aplikasi Google Photos memungkinkan Anda mencadangkan foto dan video serta mengaturnya. Google Drive juga memungkinkan Anda memindai dokumen dan mengunggahnya ke cloud. Ini menawarkan penyimpanan gratis 15 GB sebagai standar, tetapi hanya $ 1,99 per bulan memberi Anda peningkatan ke 100 GB.

2. Amazon Drive

Amazon Web Service adalah pemain utama dalam ruang komputasi awan. Salah satu hal terbaik tentang menyimpan konten di cloud adalah memastikan bahwa file akan tetap aman apa pun yang terjadi pada perangkat.

Amazon Drive memungkinkan Anda mengunggah foto, video, musik, atau dokumen dari komputer atau perangkat Android apa pun, lalu melihat pratinjau atau dibagikan dengan perangkat lain di mana pun asalnya. Aplikasi ini mendukung pratinjau PDF, teks, dokumen Word, foto, dan video, dan Anda dapat membuat folder dan memindahkan file di antara mereka atau mengunduhnya ke perangkat Android Anda. File juga dapat dibagikan melalui email, pesan teks, dan lainnya sebagai tautan atau lampiran.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramah dan bersih, dan pengguna Amazon Prime saat ini mendapatkan penyimpanan gratis 5 GB dengan cadangan foto dan video tanpa batas. Penjual lain harus membayar $ 11,99 setiap tahun untuk hal yang sama. Atau, Anda dapat memilih opsi penyimpanan tak terbatas dengan harga sekitar $ 60 per tahun.

3. Amazon Photos

Amazon Photos adalah layanan penyimpanan cloud khusus untuk foto dan video. Ini menawarkan penyimpanan 5 GB gratis untuk foto dan video resolusi penuh. Anggota Primes juga mendapatkan tambahan ruang kosong sebesar 15 GB. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk mempersonalisasi perangkat Amazon Fire TV dan Echo Show untuk menampilkan foto Anda sebagai latar belakang dan juga kemampuan untuk melihat foto dari hari ini di tahun-tahun sebelumnya hanya dengan meminta asisten suara Alexa. Ada juga opsi cadangan foto tanpa batas seharga $ 12 per tahun.

4. Degoo

Aplikasi layanan cloud Degoo menawarkan jumlah ruang paling banyak secara gratis. Pengguna mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 100 GB. Namun ada beberapa peringatan, seperti batasan jumlah file yang dapat Anda unggah setiap hari dan batas ukuran yang membatasi Anda untuk mengunggah file besar. Tetap saja, ini adalah opsi yang bagus untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda dengan mengupload file dan foto atau klip video yang kurang penting, yang mungkin Anda perlukan sesekali.

5. Dropbox

Dropbox adalah aplikasi penyimpanan cloud yang akrab bagi banyak orang. Penyimpanan cloud gratis yang ramah pengguna untuk Android ini memiliki banyak fitur berguna yang berfungsi sebagai hub pusat untuk file Anda yang disinkronkan dan dapat diakses di seluruh perangkat tanpa batas atau browser web apa pun.

Aplikasi ini membuat file besar mudah dibagikan, meskipun orang yang ingin Anda bagikan bukanlah pengguna Dropbox itu sendiri. Ini menjadikan Dropbox ruang kolaborasi yang memadai, dan akses ke dokumen dan file juga tersedia secara offline sehingga pekerjaan dapat dilanjutkan saat dalam perjalanan.

Fiturnya mencakup pemindai dokumen, folder bersama, kemampuan untuk menyinkronkan, berbagi dan mengedit dokumen seperti file Excel, PowerPoint, dan Word, dan banyak lagi. Sayangnya, Dropbox hanya menawarkan penyimpanan 2 GB secara gratis dan kemudian pembelian dalam aplikasi tersedia untuk opsi penyimpanan yang ditingkatkan.

6. Yandex.Disk

Yandex.Disk adalah aplikasi penyimpanan cloud gratis yang layak untuk Anda lihat. Ini memiliki antarmuka pengguna yang disederhanakan dengan baik untuk dengan mudah mengakses dokumen, foto, dan lainnya saat terhubung ke Internet, mengetahui file Anda selalu aman di cloud.

Selain itu, Anda dapat menghemat biaya data seluler hanya dengan mengirimkan tautan untuk file atau folder ke orang lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengunggahan otomatis untuk foto dan video setelah perangkat Anda tersambung ke internet, jadi Anda bahkan tidak perlu khawatir untuk mencadangkannya secara manual.

Penyimpanan hingga 20 GB tersedia gratis dan opsi penyimpanan berbayar tambahan tersedia hingga 1 TB dengan harga yang sangat wajar.

7. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive adalah salah satu aplikasi penyimpanan awan paling terkenal yang terintegrasi dengan baik dengan produk Windows Office untuk mengedit file Office (seperti PowerPoint, OneNote, dan Word). Sangat mudah untuk mengakses dan mengatur file dan folder Anda, dan Anda dapat menyetel PIN jika Anda ingin membatasi akses ke sana.

Jika dokumen yang Anda bagikan telah diedit, Anda akan menerima pemberitahuan, dan ada juga pemberian tag otomatis untuk foto. Aplikasi ini juga menambahkan beberapa fungsi berguna, termasuk memindai dokumen, mengedit file PDF, dan lapisan keamanan ekstra dengan brankas pribadi untuk gambar dan file. OneDrive adalah aplikasi bisnis yang sesungguhnya dengan kemampuan kolaborasinya yang kuat.

Versi gratisnya menawarkan penyimpanan cloud 5 GB untuk penggunaan pribadi tetapi dengan biaya bulanan $ 1,99 Anda dapat meningkatkannya menjadi 50 GB.

8. FolderSync

FolderSync tidak menawarkan ruang penyimpanan cloud-nya sendiri. Namun ini adalah salah satu aplikasi penyimpanan cloud penting yang menjadikan penggunaan berbagai layanan cloud jauh lebih baik. Karena sebagian besar aplikasi layanan cloud menawarkan ruang penyimpanan terbatas, menggunakan beberapa aplikasi cloud untuk memperluas opsi penyimpanan gratis tidaklah nyaman.

FolderSync akan menyelamatkan Anda dari situasi ini dengan menyinkronkan folder perangkat yang berbeda ke layanan cloud tambahan atau bahkan mengunggah ke server FTP. Pengguna memiliki kendali penuh atas frekuensi sinkronisasi dan dapat mengonfigurasi berbagai aturan atau bahkan menyinkronkan secara manual.

Leave a Comment